You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sukamukti
Desa Sukamukti

Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat

IBU IBU KREATIF DARI DESA SUKAMUKTI: MEMANFAATKAN ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN KERAJINAN

Hendra Firdaus 03 Maret 2024 Dibaca 23 Kali
IBU IBU KREATIF DARI DESA SUKAMUKTI: MEMANFAATKAN ECENG GONDOK SEBAGAI BAHAN KERAJINAN

Di tengah kesibukan mereka sebagai ibu rumah tangga, sekelompok ibu-ibu di Desa Sukamukti menunjukkan kreativitas luar biasa dengan memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan utama dalam pembuatan kerajinan tangan. Eceng gondok yang biasanya dianggap sebagai gulma dan menjadi masalah lingkungan, kini diproses menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.

Kerajinan dari eceng gondok ini merupakan inovasi baru yang dilakukan oleh ibu-ibu kreatif di Desa Sukamukti. Mereka mengolah eceng gondok yang mereka dapatkan dari sungai-sungai di sekitar desa menjadi berbagai macam produk, mulai dari tas, keranjang, hiasan dinding, sampai aksesoris fashion. Proses pembuatannya pun tidak mudah, namun dengan ketekunan dan semangat, para ibu ini mampu menghasilkan karya-karya yang indah dan berkualitas.

Keberhasilan para ibu ini tidak lepas dari dukungan penuh yang mereka terima dari pemerintah desa dan beberapa lembaga swadaya masyarakat. Mereka diberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan keterampilan dalam mengolah eceng gondok menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, para ibu ini juga tergabung dalam kelompok kerajinan yang memungkinkan mereka untuk saling bertukar ide dan pengalaman, sehingga semakin meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam proses pembuatan kerajinan.

Selain memberikan dampak ekonomis bagi para ibu dan keluarga mereka, pembuatan kerajinan dari eceng gondok juga memberikan dampak positif bagi lingkungan. Dengan mengambil eceng gondok dari sungai-sungai, para ibu ini turut membantu dalam upaya pembersihan sungai dari tanaman invasif yang dapat mengganggu ekosistem air.

Dengan kreativitas dan semangat pantang menyerah, para ibu kreatif dari Desa Sukamukti telah membuktikan bahwa dengan bahan yang sederhana seperti eceng gondok, mereka mampu menciptakan produk kerajinan yang bernilai tinggi. Keberhasilan mereka juga menjadi inspirasi bagi masyarakat desa lainnya untuk mengembangkan potensi lokal dan menciptakan inovasi baru dalam bidang kerajinan tangan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image