You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sukamukti
Desa Sukamukti

Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat

Studi Tiru Desa Sukamukti Ke SAKOLA MOTEKAR

Sopi Nurhayati 24 Desember 2023 Dibaca 21 Kali
Studi Tiru Desa Sukamukti Ke SAKOLA MOTEKAR

Studi Tiru Pemerintah Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut di Lembur Kaulinan Cibunar “Sakola Motèkar” Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis.

Minggu, 24 Desember 2023 bertempat di Lembur Kaulinan Cibunar “Sakola Motèkar”, Pemerintah Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut melaksanakan Studi Tiru sebagai pelaksanaan dari Rencana Kerja Pemerintah Desa Sukamukti Tahun 2023.

Kenapa Sakola Motèkar yang dipilih sebagai tempat tujuan Studi Tiru?. Ada beberapa alasan yang melatar belakangi pemilihan tempat atau komunitas tersebut, diantaranya:

  1. Sejak 2018 Sakola Motèkar telah menginisiasi suatu kegiatan yang didasari oleh semangat kebersamaan kemandirian dan gotong royong dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam, budaya dan tentu sumber daya manusianya. Ini tentu sejalan dengan tujuan Desa Sukamukti yaitu dalam memaksimalkan dan meningkatkan kembali semangat kemandirian dan gotong royong warganya. Kegiatan yang istiqomah dilakukan oleh Sakola Motèkar diantaranya :
  2. Minggu Ulin. Adalah kegiatan yang melibatkan anak-anak khususnya dan tentu keterlibatan berbagai usia dalam berbagai permainan tradisional (baheula) dengan tujuan menggali dan merawat kearifan para leluhur melalui bebagai permainan yang sarat makna filosofis untuk menumbuhkembangkan potensi anak. Selain itu, pesan moral dari berbagai permainan tersebut mengembangkan semangat kebersamaan, melatih kejujuran sejak usia dini dan yang pada akhirnya atau utama adalah kebahagiaan, keceriaan dan tertawa bersama dalam suasana kasih sayang. Tujuan lain dari Minggu Ulin ini juga untuk meminimalisir ketergantungan anak-anak terhadap gadget/HP. Kegiatan ini sejalan dengan program desa bahkan nasional yaitu dalam upaca mencerdaskan anak-anak nusantara yang pada akhirnya akan melahirkan anak-anak yang kreatif dan percaya diri dalam upaya penurunan konvergensi stunting terkait kecerdasan sosial, antusias untuk eksplorasi lingkungan sekitarnya.
  3. Pasar Kinanti. Adalah kegiatan yang mempertemukan kegiatan kaulinan baheula dengan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, lingkunan dan berbagai kegiatan budaya lainnya melalui berbagai forum dan diskusi interaktif. Kegiatan yang dilaksanakan setiap minggu wage ini diantaranya adalah dapur sehat, aneka sayuran hasil olahan para petani setempat, produksi sabun dan shampo herbal dan minimalsisr penggunaan kantong plastik serta penanganan terkait sampah melalui bank sampah. Hasil kreativitas dari para kelompok wanita tani (KWT) ini sinergi dengan tujuan nasional terkait ketahanan pangan. Salah satu yang unik dari Pasar Kinanti ini adalah penggunaan koin khusus sebagai transaksi jual beli untuk kesepakatan harga. Kegiatan Pasar Kinanti ini juga dipandu oleh kelompok musik Gamelan Ki Pamanah Rasa yang menampilkan perpaduan atau kolaborasi alat musik tradisional dengan modern dalam balutan harmonisasi keindahan seni. Kegiatan ini sejalan dengan program desa terkait dengan pemberdayaan kelompok masyarakat seperti PKK, Kader Posyandu, Kelompok Tani atau Ternak, Kader Karang Taruna dan kelompok Seni Budaya serta berbagai kelompok warga lainnya.
  4. Nujuh Likuran. Kegiatan yang diselenggarakan setiap tanggal 27 di tiap bulannya adalah sebagai salah satu forum diskusi, evaluasi kegiatan dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di Sakola Motèkar. Bahkan di kegiatan ini menampilkan pentas kesenian seperti teater, musikalisasi puisi dan berbagai kesenian dan kebudayaan lainnya.
  5. Dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan, tidak mungkin tidak melibatkan Allah dan kekasihNya Kanjeng Nabi Muhammad Saw. Dari kegiatan ngaji atau belajar bareng ini kita Sholawatan, Tawashshulan karena menyadari bahwa ada dalam hidup kita ini hal-hal yang kita tak mampu mengatasinya. Karena itu, tak ada jalan lain selain mengemis kepada Allah dan meneladani akhlaq Rasul Muhammad Saw yang diwariskan melalui para sahabat, para ulama, para leluhur/karuhun dan sampai kepada kita. Kegiatan ini tentu seiring sejalan dengan kegiatan rutin keagamaan di Desa Sukamukti yang dimotori oleh MUI Desa Sukamukti.
  6. Selain kegiatan rutin yang dilaksanakan, berbagai kegiatan lainnya yang aktif dilaksanakan di Sakola Motèkar seperti pelaksanaan Festival Kaulinan Tradisional dari Dinas kebudayaan dan Pariwisata serta KORMI Kabupaten Ciamis. Berbagai kegiatan dari Dinas Pendidikan dan Kecamatan serta Desa Sukajadi.
  7. Prestasi Sakola Motèkar menjadi salah satu tujuan belajar dari berbagai komunitas, lembaga pemerintah, baik dalam negeri maupun luar negeri diantaranya para mahasiswa dari Australia, Kamboja, Meksiko, Rwanda, Burundi, Kirgistan, Maroko, Yaman, Filipina dan Indonesia tentunya.

Dari beberapa alasan tersebut yang menjadi dasar pertimbangan pemilihan Sakola Motèkar sebagai tempat tujuan Studi Tiru yang dilaksanakan oleh Pemerintah dan LKD Desa Sukamukti. Alhamdulillah peserta yang hadir dari Desa Sukamukti terdiri dari Kepala Desa dan perangkat Desa, seluruh anggota BPD, kader PKK, perwakilan Karang Taruna, tim Bumdes, LPM Desa dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Sukamukti.

Kegiatan Studi Tiru ini bertujuan agar Pemerintah Desa dan LKD beserta masyarakat Desa Sukamukti dapat meneladani semangat kemandirian dan gotong royong agar Desa Sukamukti bisa meningkatkan berbagai potensi luar biasa yang telah dianugerahkan Allah untuk kesejahteraan masyarakat Desa Sukamukti.   

Pada akhirnya kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Desa Sukamukti mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada seluruh keluarga besar Sakola Motèkar atas persambungan silaturahmi, Ilmu dan lainnya. Dan terutama mohon maaf dengan segala kekurangan dari kami anu parantos ngaririweuh, ngabalaan… Mugi keluarga besar Sakola Motèkar dipaparin kasehatan, kalancaran sagalarupina hal nu dipimaksad kalayan kaberkahan..

Duduluran Salawasna..

Hasbunalloh wa ni’mal wakil..

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image